HOME > PRESS RELEASE > [DIPERPANJANG] Press Release KeSEMaTCOMPETITION 2024: Lomba Cipta Puisi Mangrove SMA/SMK/Sederajat Tingkat Nasional

[DIPERPANJANG] Press Release KeSEMaTCOMPETITION 2024: Lomba Cipta Puisi Mangrove SMA/SMK/Sederajat Tingkat Nasional

Semarang – MANGROVEMAGZ. Dengan ini, diumumkan bahwa KeSEMaT melalui salah satu departemennya, yaitu Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMAT) kembali menyelenggarakan program tahunannya berupa kompetisi mangrove nasional bertajuk KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2024: Lomba Cipta Puisi Mangrove (LCPM) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Sederajat Tingkat Nasional. Pengiriman karya mulai tanggal 25 Januari – 8 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 22 Februari 2024) dengan total hadiah jutaan rupiah. Kami mengundang para pelajar SMA/SMK/Sederajat di seluruh Indonesia untuk dapat berpartisipasi. Selengkapnya mengenai KC 2024: LCPM silakan mencermati informasi di bawah ini.

LATAR BELAKANG
Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang memiliki peranan sangat penting bagi ekosistem pesisir. Beberapa fungsi mangrove yang penting, antara lain sebagai tempat berpijah, beranak pinak dan pembesaran anak bagi fauna pesisir, pencegah abrasi, penjebak polutan, pereduksi gelombang tsunami, ekowisata, pencegah intrusi air laut, pengendali banjir, dan lain-lain. Selain itu, bersama dengan ekosistem pesisir lainnnya, yaitu padang lamun dan terumbu karang, mangrove memegang peranan vital sebagai pencegah pemanasan global dan perubahan iklim.

Manfaat mangrove begitu besar dalam menunjang kehidupan masyarakat pesisir dan lingkungan. Namun demikian, manfaat yang besar tersebut seringkali terlupakan, bahkan ekosistem mangrove terancam oleh pemanfaatan yang tidak ramah lingkungan.

Penebangan mangrove, pembangunan tambak, tol laut dan pabrik, reklamasi, dan usaha destruktif lainnya untuk mengubah lahan mangrove menjadi sebuah lahan komersil, akan dapat mengancam kelestarian mangrove di masa mendatang.

Berbagai upaya konservasi mangrove sudah dilakukan oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat melalui program restorasi dan rehabilitasi untuk mengembalikan kondisinya seperti semula. Namun demikian, program yang sudah dilakukan tersebut belum dapat menunjukkan hasil yang optimal karena kerusakannya semakin meluas.

Pemahaman mengenai kondisi lapangan maka diperlukan kerja sama lintas sektoral dengan multi stakeholder agar dapat mengendalikan laju kerusakan ekosistem mangrove yang sudah terjadi. Berbagai kalangan diharapkan dapat menyumbangkan perannya dalam menjaga dan melestarikan mangrove yang memiliki fungsi serta manfaat yang besar dalam kehidupan manusia.

Konsep pelestarian mangrove bottom up, yang berarti diinisiasi oleh masyarakat dan bukan pemerintah, telah banyak diuji coba oleh beberapa individu dan komunitas, seperti organisasi mahasiswa, kelompok tani dan swasta yang sudah terbukti mampu mengendalikan kerusakan lahan mangrove sehingga mangrove dapat berfungsi kembali dalam menjaga ekosistem di kawasan pesisir.

Melalui KC 2024: LCPM, KeSEMaT melalui salah satu departemennya, yaitu DEPUSMAT mencoba untuk lebih menggali potensi masyarakat, khususnya generasi muda yang merupakan agen utama dalam perubahan.

Puisi merupakan satu bentuk karya sastra yang berisi ungkapan hati, pikiran, dan perasaan penyair yang dituangkan dengan memanfaatkan segala daya bahasa, kreativitas dan imajinasi pengarang dengan rangkaian bahasa yang indah serta mengandung irama juga makna. Melalui puisi, sang penyair menciptakan dunia baru yang penuh warna, dimana makna tersembunyi dan rahasia kehidupan terungkap.

Puisi menggambarkan keindahan dan kegelapan, kegembiraan, dan kesedihan, serta segala nuansa yang ada di dalam relung hati manusia. Sebagai karya seni, puisi merupakan bentuk ungkapan terindah dari kepekaan dan kreativitas manusia. Puisi adalah sarana untuk mengeksplorasi dunia batin, mengekspresikan perasaan yang sulit diungkapkan, dan merayakan keunikan setiap pengalaman hidup. Puisi bukan hanya sekadar kumpulan kata-kata, tetapi sebuah perjalanan spiritual yang memperkaya jiwa.

Salah satu bentuk karya sastra yang sering diajarkan di SMA/SMK/Sederajat ialah puisi. Pembelajaran puisi membantu siswa mengembangkan keterampilan bahasa, seperti pemahaman struktur puisi, penggunaan kata-kata dengan tepat, serta penguasaan unsur-unsur bahasa yang khas dalam sastra.

Puisi memberikan ruang bagi siswa untuk mengekspresikan diri mereka sendiri. Proses menulis puisi dapat menjadi bentuk ekspresi kreatif, dimana siswa dapat menuangkan perasaan, pemikiran, dan pengalaman pribadi mereka.

Puisi juga sering kali mencerminkan nilai-nilai budaya dan sosial suatu masyarakat. Melalui pembelajaran puisi, siswa dapat memahami lebih dalam tentang budaya, sejarah, dan nilai-nilai yang tercermin dalam karya sastra.

Semakin berkembangnya zaman berakibat pada minat siswa terhadap puisi yang mulai menurun. Hal tersebut dikarenakan oleh adanya teknologi yang semakin berkembang sehingga memicu adanya perubahan budaya dan kebiasaan siswa pada zaman sekarang ini.

Oleh karena itu, melalui KC 2024: LCPM, KeSEMaT mencoba untuk mempopulerkan kembali proses kretaif pembuatan puisi untuk menciptakan lingkungan-literasi sastra dimana siswa merasa terlibat dan terinspirasi untuk mengekspresikan diri melalui puisi.

Melalui upaya ini, minat siswa di bidang sastra seni berpuisi dapat diperbaharui dan dijaga agar tidak hilang begitu saja dalam arus perubahan zaman. Dengan demikian, puisi dapat tetap relevan dan menjadi bagian integral dari kehidupan siswa di era modern ini.

Penggunaan platform daring, yaitu kanal YouTube di era digital dapat memberikan edukasi mengenai pentingnya peranan hutan mangrove kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia. Karya puisi yang direkam dalam bentuk video sehingga dapat ditayangkan di YouTube merupakan kampanye mangrove yang baik karena dapat meningkatkan literasi di kalangan generasi muda dan masyarakat umum.

Dengan memilih format seperti ini, maka diharapkan konten-konten kreatif mengenai mangrove dapat diproduksi, untuk menyebarluaskan kampanye pelestarian ekosistem mangrove.

Untuk itulah, pada tahun ini, KeSEMaT memilih pembuatan karya puisi yang direkam dalam bentuk video atau LCPM yang kemudian akan diunggah pada kanal YouTube sebagai ajang lomba dalam KC 2024. Tema KC tahun ini adalah “MANGROVE REVIVAL: RESTORING EARTH GUARDIANS” yang mengajak kita semua untuk kembali menjalankan peran sebagai penjaga bumi melalui pemulihan dan revitalisasi ekosistem mangrove.

Tema ini mengajak untuk memahami perlunya upaya bersama dalam restorasi dan pelestarian mangrove sebagai langkah nyata dalam membangun kembali keberlanjutan bumi. Melalui media puisi maka, ekosistem mangrove diharapkan dapat dikampanyekan dengan cara yang baik.

Poster KC 2024

TUJUAN UMUM
Menumbuhkan semangat dan mengajak masyarakat Indonesia untuk peduli terhadap eksistensi keberadaan mangrove di Indonesia, serta menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove di kalangan masyarakat, terutama generasi muda di seluruh Indonesia melalui langkah kecil dengan mengikuti lomba puisi KC 2024.

TUJUAN KHUSUS
1. Menumbuhkembangkan kreativitas generasi muda Indonesia dalam rangka kampanye penyelamatan ekosistem mangrove melalui LCPM.
2. Mengetahui seberapa jauh antusiasme masyarakat, khususnya generasi muda terhadap keberlangsungan ekosistem mangrove.
3. Membangkitkan kembali kecintaan dan semangat berpuisi kepada generasi muda dan masyarakat Indonesia.

DESKRIPSI KEGIATAN
KC 2024 merupakan LCPM yang diperuntukkan bagi para pelajar tingkat SMA/SMK/Sederajat. Acara yang bertema MANGROVE REVIVAL: RESTORING EARTH GUARDIANS ini terbagi menjadi beberapa tahapan kegiatan, yaitu:

1. Tahapan Pertama
Pada tanggal 25 Januari – 8 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 22 Februari 2024). Peserta mendaftarkan dirinya melalui situs web KeSEMaT dengan melampirkan persyaratan yang sudah ditentukan kemudian mengirimkan hasil karyanya melalui surel KeSEMaT.

2. Tahapan Kedua
Pada tanggal 8 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 22 Februari 2024). Penutupan pendaftaran peserta KC 2024.

3. Tahapan Ketiga
Pada tanggal 9 – 11 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 23 – 25 Februari 2024). Panitia akan mempublikasikan karya peserta di kanal YouTube KeSEMaT secara private.

4. Tahapan Keempat
Pada tanggal 11 – 18 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 25 Februari – 3 Maret 2024). Masyarakat akan melakukan voting karya LCPM peserta di YouTube KeSEMaT untuk memperebutkan Juara Favorit KC 2024.

5. Tahapan Kelima
Pada tanggal 18 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 3 Maret 2024). Penutupan voting karya

6. Tahapan Keenam
Pada tanggal 20 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 7 Maret 2024). Panitia akan melakukan penjurian dari setiap karya LCPM peserta oleh juri yang sudah ditentukan oleh panitia.

7. Tahapan Ketujuh
Pada tanggal 22 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 9 Maret 2024). Panitia akan mengumumkan pemenang KC 2024 melalui situs web KeSEMaT https://kesemat.or.id.

8. Tahapan Terakhir
Pada tanggal 22 – 29 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 9 – 16 Maret 2024). Panitia akan mengirimkan paket hadiah, bingkisan sponsor, dan sertifikat KC 2024 kepada para pemenang.

TOPIK LCPM
Satu peserta hanya diperbolehkan untuk mengirimkan satu karya LCPM terbaiknya, dengan memilih salah satu topik, di bawah ini:
1. Pelestarian ekosistem mangrove.
2. Peran mangrove dalam mengurangi dampak perubahan iklim dan pemanasan global.
3. Flora dan fauna mangrove.
4. Kebermanfaatan di sekitar ekosistem mangrove.
5. Keindahan ekowisata mangrove.

PERSYARATAN UMUM
1. LCPM hanya diperuntukkan bagi pelajar tingkat SMA/SMK/Sederajat.
2. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
3. LCPM tidak dipungut biaya apapun (gratis).
4. Karya LCPM tidak boleh mengandung unsur SARA.
5. Satu peserta hanya diperbolehkan untuk mengirimkan satu karya terbaiknya.
6. Peserta diwajibkan untuk follow akun Instagram KeSEMaT.
7. Peserta diwajibkan untuk subscribe kanal YouTube KeSEMaT.
8. Dengan mengikuti KC 2024, maka setiap peserta menyetujui bahwa karya LCPM yang dikirimkan ke panitia KC 2024 akan menjadi hak milik KeSEMaT untuk dipublikasikan ke media sosial dan jaringan mangrove KeSEMaT, sebagai media kampanye penyelamatan mangrove.
9. Peserta diwajibkan untuk mengajak keluarga, teman ataupun koleganya untuk likes karyanya di akun kanal YouTube KeSEMaT untuk memperebutkan Juara Favorit KC 2024.
10. Peserta yang terbukti melakukan kecurangan atau tidak memenuhi persyaratan lomba akan didiskualifikasi.
11. Keputusan panitia dan dewan juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

PERSYARATAN KHUSUS
1. Peserta wajib membuat karya puisi orisinalnya sendiri berdasarkan topik LCPM yang sudah ditentukan.
2. Peserta menuliskan karya cipta puisi mangrovenya ke secarik kertas putih. Selanjutnya, peserta membacakan karya puisi orisinalnya tersebut berlatar belakang bebas asal sopan (di rumah, di taman, di sekolah, di hutan mangrove, dan lain-lain), dengan cara berdiri atau duduk dan memegang kertas putih kemudian merekamnya dalam bentuk video dengan ketentuan:
– Rasio 16 x 9 (landscape).
– Resolusi minimal Full HD (1080p: 1080 x 1920).
– Format mp4/MOV/WMV/Supported YouTube File Format.
– Durasi video maksimal lima (5) menit.
3. Peserta wajib menampilkan wajah pada video LCPM-nya.
4. Peserta tidak diperbolehkan menambahkan kolase foto pada video puisi LCPM-nya.
5. Peserta dibebaskan untuk menggunakan jenis kamera apapun (handphone, DSLR, mirrorless, dan lain-lain).
6. Hasil video tersebut dapat disunting sederhana sesuai dengan kreativitas peserta, seperti dengan menambahkan backsound, musik, efek transisi, tipografi, dan lain-lain.

UNDUH BERKAS DI SINI
1. Formulir Pendaftaran Peserta KC 2024: LCPM.
2. Consent Letter KC 2024: LCPM.

PENGIRIMAN KARYA DAN BERKAS
1. Peserta mengikuti dan mengirimkan karya dan berkas LCPM-nya melalui email: kesemat@gmail.com dengan subjek: Nama Peserta_Asal Sekolah_Judul Karya_KC 2024: LCPM.
2. Masukkan karya dan berkas KC 2024: LCPM ke dalam Google Drive pada email masing-masing, kemudian kirimkan tautannya kepada kami, yang meliputi:
Scan print out Formulir Pendaftaran Peserta KC 2024: LCPM. (Formulir Pendaftaran Peserta KC 2024: LCPM_Nama Lengkap Peserta_Nama SMA/SMK/Sederajat.pdf).
Scan print out Consent Letter KC 2024: LCPM (Consent Letter KC 2024: LCPM_Nama Lengkap Peserta_Nama SMA/SMK/Sederajat.pdf).
– Foto KTP/SIM/Kartu Pelajar/Kartu Identitas Lainnya (Kartu Identitas_Nama Lengkap Peserta_Nama SMA/SMK/Sederajat.jpg).
Screenshot bukti follow akun Instagram KeSEMaT dan subscribe kanal YouTube KeSEMaT (Follow dan Subscribe_Nama Lengkap Peserta_Nama SMA/SMK/Sederajat.pdf).
Screenshot profil Instagram dan atau profil YouTube Peserta (Profil Instagram dan atau YouTube_Nama Lengkap Peserta_Nama SMA/SMK/Sederajat.pdf).
– Judul Karya Puisi LCPM dalam Bentuk Video yang Dilombakan (Judul Karya Puisi LCPM dalam Bentuk Video yang Dilombakan_Topik LCPM_Nama Lengkap Peserta_Nama SMA/SMK/Sederajat.mp4/MOV/WMV/Supported YouTube File Format).

PENJURIAN
Dewan juri KC 2024 terdiri dari para Alumni KeSEMaT yang ahli di bidangnya, yaitu:
1. Ganis Riyan Efendi, S.Kel., M.Si. (Direktur Utama IKAMaT)
2. Aris Priyono, S.T. (Direktur Teknologi Informasi IKAMaT).
3. Paspha Ghaishidra Muhammad Putra, S.Si. (Manajer Humas dan Lapangan IKAMaT).
4. Anggoro Da’an Budi Saputro, S.Si. (Staf Manajer Operasional IKAMaT).

PENILAIAN
Poin-poin yang dinilai pada setiap karya pada LCPM adalah sebagai berikut:
1. Makna dan pemilihan diksi puisi (30%).
2. Ekspresi dan gestur tubuh (30%).
3. Intonasi dan nada penyampaian (25%).
4. Kesesuaian isi puisi dengan tema yang dibawakan (10%)
5. Kreativitas video (5%).

HADIAH
Pemenang KC 2024 akan mendapatkan hadiah berupa:
1. Juara pertama: Uang tunai sebesar Rp350.000,00 trofi, piagam penghargaan, dan paket bingkisan dari sponsor.
2. Juara kedua: Uang tunai sebesar Rp250.000,00 trofi, piagam penghargaan, dan paket bingkisan dari sponsor.
3. Juara ketiga: Uang tunai sebesar Rp150.000,00 trofi, piagam penghargaan, dan paket bingkisan dari sponsor.
4. Juara favorit: Trofi, piagam penghargaan dan paket bingkisan dari sponsor.

PENGUMUMAN PEMENANG
Pemenang KC 2024 akan diumumkan dan dipublikasikan pada tanggal 22 Februari 2024 (diperpanjang sampai tanggal 9 Maret 2024) di situs web KeSEMaT https://kesemat.or.id.

KONTAK PERSON
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KC 2024 dapat ditujukan kepada:

Sdr. Wahyu Gusti Saputra
Staf Menteri Komunikasi dan Publikasi
WhatsApp +62882 3376 0090
WhatsApp +62813 9271 1780

Demikian informasi ini kami sampaikan. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (ADM).#MakinTahuIndonesia

Open chat
1
Salam MANGROVER! Halo, ada yang bisa kami bantu?