Friday, September 30, 2022
HOME > CERITA ANAK > Resensi Buku Kolak Api-Api Neri

Resensi Buku Kolak Api-Api Neri

MANGROVEMAGZ. IKAMaT kembali mempercayakan kepada KeMANGI untuk memasarkan produk-produk bukunya. Kali ini, buku tersebut berjudul Kolak Api-Api Neri (KAN), yang merupakan salah satu kategori kisah Mat Kesem: Cerita dan Dongeng Mangrove. Buku ini merangkum episode-episode Mat Kesem yang hadir di berbagai platform media sosialnya, terkhusus yang bertema Ramadan.

Salah satu tujuan ditulisnya Mat Kesem adalah untuk mempopulerkan kisah-kisah dari hutan mangrove, dengan harapan dapat ikut mengkampanyekan penyelamatannya di masa mendatang. Mat Kesem dibacakan oleh Ayah atau Bunda untuk putra dan putri kita, para Mangrover Cilik (Mangcil) tercinta.

Sinopsis:
KAN didesain dengan kover warna-warni yang menarik perhatian, sehingga cocok sekali untuk anak-anak. Cerita inspiratif yang sarat pesan moral dan kaya edukasi mangrove, disajikan dengan sangat apik oleh penulisnya. Pada Menu Sahur Amrul (MSA), misalnya. Dikisahkan, Amrul yang makan berlebihan di saat berbuka, mendadak sakit perut. Ibunya memintanya untuk berhenti makan sebelum kenyang dan menyimpan makanannya untuk sahur.

Pesan moral dan edukasi mangrove yang disisipkan dalam MSA juga sudah lengkap, sehingga memudahkan orang tua dalam menyampaikan ajaran kebaikan dan pendidikan lingkungan kepada putra dan putrinya.

KAN berisi 21 cerita, yaitu:
1. Asyiknya Bermain Kuartet
2. Baju Lebaran Farhan
3. Batik Mbak Anik
4. Berbuka Puasa Bersama
5. Berwisata ke Rumah Bekantan
6. Bingka Aunty Bella
7. Cerita Sambut Ramadan
8. Ketimus Takjil Tadarus
9. Kolak Api-Api Neri
10. Kue Lebaran Ega
11. Kue-Kue Semprit Kika Hima
12. Lomba Nyanyi Kartini
13. Membuat Boneka Jari
14. Menu Sahur Amrul
15. Onde-Onde Mangrove Bulik Rere
16. Puasa Pertama Hatta
17. Puding Api-Api Yangti
18. Rekreasi ke Hutan Mangrove
19. Rusa Pakde Rosida
20. Siput Bude Puput
21. Wedang Nipah Abah

Semua cerita bernilai. Sayang sekali dilewatkan, terutama bagi Anda yang memiliki balita. KAN akan membantu Anda meningkatkan literasi, imajinasi dan pendidikan lingkungan, terutama hutan mangrove kepada si Kecil.

Kelebihan buku:
Keunggulan buku ini adalah bahasanya yang lugas, jelas dan sederhana sehingga dapat langsung dicerna pada saat didongengkan kepada Mangcil. Buku ini juga menyematkan pesan moral dan edukasi mangrove di setiap judulnya. Selain itu, ilustrasinya juga menarik. Dengan KAN, kegiatan mendongeng semakin menyenangkan.

Kekurangan buku:
Beberapa fans berat Mat Kesem yang disebut Sahabat Mat Kesem, tidak akan menemukan buku warna-warni, sesuai dengan tampilan Mat Kesem yang biasa mereka lihat di media sosialnya, karena KAN memang didesain hitam putih.

Namun demikian, hal ini kemungkinan sengaja dikonsep demikian, mengingat buku ini dibacakan oleh ayah bunda untuk ananda tercinta.

Identitas buku:
Judul buku: Kolak Api-Api Neri
Penulis: Aris Priyono
Penerbit: Yayasan IKAMaT
Cetakan: 1, Juni 2020
Tahun terbit: 2020
Tebal halaman: 127 halaman
Dimensi: 11 x 17 cm
ISBN: 978-602-6086945

Tertarik memilikinya? Anda bisa langsung order bukunya di website KeMANGI. Klik di sini. Selamat mendongeng! (ADM).

Open chat
1
Salam MANGROVER! Halo, ada yang bisa kami bantu?