HOME > EVENT > Pemberdayaan Masyarakat Desa Sidodadi Dalam Upaya Pengelolaan Ekowisata Hutan Mangrove

Pemberdayaan Masyarakat Desa Sidodadi Dalam Upaya Pengelolaan Ekowisata Hutan Mangrove

MANGROVEMAGZ. Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati pada tanggal 5 Juni 2022 mendatang, Mahasiswa Teknik Cinta Alam (MATALAM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (UNILA) berencana akan melangsungkan kegiatan pengabdian kepada warga Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Adapun bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program pengabdian ini adalah Penanaman 1.000 Bibit Mangrove dan Workshop Potensi Ekowisata Hutan Mangrove bagi Perekonomian Warga Setempat dan Tata Kelola Kawasan Hutan Mangrove. Kegiatan ini akan dilangsungkan di kawasan bakal calon ekowisata hutan mangrove Desa Sidodadi.

Kegiatan ini rencananya akan dihadiri oleh Dinas Pariwisata Provinsi Lampung sebagai pembicara dalam Workshop Potensi Ekowisata Hutan Mangrove bagi Perekonomian Warga Setempat dan Tata Kelola Kawasan Hutan Mangrove. Lalu dihadiri juga oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Lampung, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT UNILA serta Ketua Green Matrix UNILA.

Poster kegiatan.

MATALAM FT UNILA mengajak sekitar 70 orang peserta kegiatan yang terdiri dari civitas akademika dan lingkungan hidup UNILA, mahasiswa FT UNILA, serta mahasiswa pecinta alam yang ada di Provinsi Lampung.

Desa Sidodadi merupakan sebuah desa di kawasan hilir Sungai Way Seputih Way Sekampung di Provinsi Lampung. Masyarakat desa tersebut mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani bibit mangrove. Kawasan ini rencananya beberapa tahun mendatang akan dijadikan sebagai bakal calon ekowisata hutan mangrove baru di Provinsi Lampung.

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh warga setempat adalah masih kurangnya campur tangan dari instansi dinas setempat yang turun tangan membantu dalam proses pengelolaan ekowisata ini. Serta kurangnya antusiasme tokoh pemuda di sana, dalam proses pengelolaan kawasan ekowisata mangrove.

Maka dari itu, MATALAM FT UNILA bergerak sebagai pendamping terhadap warga Desa Sidodadi untuk bersama-sama merealisasikan rencana pembuatan lokasi ekowisata mangrove di Desa Sidodadi, dengan harapan ekowisata ini dapat menjadi pusat konservasi kawasan mangrove di Provinsi Lampung, sekaligus dapat membantu meningkatkan taraf perekonomian warga Desa Sidodadi. (ADM).