HOME > CERITA > Konservasi Hutan Mangrove di Bojong Salawe, Kabupaten Pangandaran

Konservasi Hutan Mangrove di Bojong Salawe, Kabupaten Pangandaran

MANGROVEMAGZ. Bojong Salawe adalah nama salah satu desa yang berada di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat yang memiliki area konservasi mangrove di pesisir Pantai Bojong Salawe, di sekitar jembatan sebelum menuju pantai.

Terdapat sungai di bawah jembatan, yang merupakan bagian dari Sungai Cialit yang mengalir dari utara dan Sungai Cikiray yang mengalir dari barat. Kedua sungai tersebut bermuara di Pantai Bojong Salawe.

Saung Mangrove.

Saya merupakan masyarakat yang tempat tinggalnya tidak jauh dari Desa Bojong Salawe, dimana di sore hari, saya bisa melihat sunrise yang sangat menawan di tepi jembatan.

Di kawasan mangrove ini, juga terdapat rumah makan yang bernama Saung Mangrove yang menghidangkan aneka masakan dari hasil laut.

Area tambak udang.

Tak hanya konservasi mangrove dan rumah makan saja, di kawasan ini juga terdapat tambak udang. Memang, sebagian besar masyarakatnya membuat tambak tidak jauh dari kawasan mangrove.

Terdapat lima jenis mangrove yang saya temukan, yaitu Nypa fructicans, Avicennia marina, Rhizophora mucronata, R. apiculata dan Acanthus ilicifolius.

Lokasi area konservasi mangrove.

Vegetasi mangrove di sini, saya temukan tumbuh di rawa-rawa yang mengelilingi desa tersebut. Namun sayang sekali, mangrovenya sudah mengalami kerusakan yang cukup parah sebagai akibat dari tsunami yang melanda Pangandaran pada tahun 2006. Setelah peristiwa itu, mangrove mulai banyak ditanam oleh masyarakat di rawa-rawa untuk mencegah terjadinya bencana.

Jembatan Bojong Salawe.

Saya mengamati bahwa setelah tsunami, terdapat banyak binatang yang awalnya tidak pernah ditemukan di kawasan tersebut, perlahan mulai bermunculan, seperti jenis ikan, kepiting, unggas air dan lain-lain. Masih perlu dilakukan penelitian untuk membuktikan hal ini.

Keindahan kawasan mangrove di sini sayang sekali bila tidak mendapatkan perhatian. Apabila tertarik, Anda bisa mencoba sesekali ke sini, untuk menikmati keindahannya.

#MakinTahuIndonesia

(Sumber foto: dokumentasi pribadi/Google).

Open chat
1
Salam MANGROVER! Halo, ada yang bisa kami bantu?