HOME > CERITA > KeMANGTEER Jogja Tanam Mangrove di Kulon Progo

KeMANGTEER Jogja Tanam Mangrove di Kulon Progo

Kulon Progo – MANGROVEMAGZ. KeMANGTEER Jogja kembali melakukan aksi penanaman mangrove. Kali ini, mereka kembali menanam mangrove jenis Rhizophora di Kawasan Hutan Wisata Mangrove Wanatirta, Pasir Mendir, Kulon Progo (24/3/19). Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh para Anggota dan Pengurus KeMANGTEER Jogja.

Walaupun gerimis datang saat berangkat menuju ke lokasi, namun hal itu tidak menyurutkan niat para Teer Jogja untuk tetap menjaga kelestarian mangrovenya.

Membersihkan sampah plastik di lokasi penanaman.

Tiba di lokasi, mereka segera melakukan peregangan agar badan menjadi rileks saat menanam mangrove karena telah menempuh perjalanan panjang. Selanjutnya, kegiatan diteruskan dengan penjelasan mengenai Teknis Penanaman Mangrove yang Baik dan Benar.

Tak lupa, sebelum melakukan penanaman, Teer Jogja juga membersihkan tepi muara sungai dari sampah plastik. Hal ini dilakukan agar akar bibit mangrove -sebagai alat pernapasan mangrove- yang mereka tanam tidak tertutup oleh sampah plastik yang dapat mengganggu pertumbuhannya.

Menjaga pertumbuhan bibit mangrove.

“Penanaman kali ini, kami harap akan menjadi langkah baik dalam menjaga ekosistem mangrove di Kawasan Hutan Wisata Wanatirta,” kata Ketuteer Aristo. “Dengan demikian, semoga dapat menjaga keseimbangan alam di kawasan pesisir Kulon Progo,” tutupnya.

(Sumber foto: KeMANGTEER Jogja).