HOME > EVENT > Tanam 1000 Mangrove, HIMPS FISIP UNDIP Gelar Mangrovestasi di Demak

Tanam 1000 Mangrove, HIMPS FISIP UNDIP Gelar Mangrovestasi di Demak

MANGROVEMAGZ. Mangrovestasi merupakan kegiatan Penanaman 1000 Bibit Mangrove. Kegiatan ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Peduli Sosial (HIMPS) FISIP UNDIP pada hari Sabtu, 13 Oktober 2018 di Pantai Glagah Wangi, Tambakbulusan, Karangtengah, Demak.

Acara ini dihadiri oleh Kepala HRD PT. Purinusa Eka Persada, yaitu Bpk. Dudung Hariyadi, DLH Demak yang diwakili oleh Bpk. Wakhid dan Bpk. Dika, Bhabinkamtibmas Desa Tambakbulusan, yaitu Bripka Indriyanto, Bhabinsa Desa Tambakbulusan, yaitu Serda Sukiman dan peserta sebanyak 90 orang.

Pelatihan Pembuatan Olahan Mangrove.

“Mangrovestasi merupakan wujud dari kepedulian kami sebagai mahasiswa terhadap lingkungan. Tidak hanya sekedar omongan belaka namun kami ikut andil dan terjun langsung ke lapangan,” jelas salah satu panitia.

Apa aja sih acara saat Mangrovestasi? Yang pertama pastinya adalah Penanaman Bibit Mangrove. Penanaman diadakan di Pantai Tambakbulusan. Peserta dan panitia menanam mangrove lalu dilanjutkan dengan kegiatan Bersih-Bersih Pantai. Setelah selesai bersih pantai, peserta kembali ke desa untuk makan bersama.

Peserta dan Panitia berfoto bersama di lokasi penanaman.

Acara lain dari Mangrovestasi ini adalah Pelatihan Olahan Mangrove yang disampaikan oleh Ibu Isrofah, selaku pengusaha produk olahan mangrove. Pelatihan berupa pembuatan keripik dari daun mangrove dan cendol dari buah mangrove.

Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan bagaimana cara memanfaatkan daun mangrove menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih. Hal ini juga mengajarkan peserta untuk melatih jiwa wirausaha dengan memanfaatkan apapun yang ada di sekitar kita. Peserta sangat menikmati acara Mangrovestasi ini.

(Sumber foto: HIMPS FISIP UNDIP).

Aksi Nyata Untuk Sesama | Learn, Assist and Attentive