HOME > CERITA > KeMANGTEER Serang Kunjungi Ekowisata Mangrove Pantai Mekar dan Tanam Mangrove di Pantai Beting

KeMANGTEER Serang Kunjungi Ekowisata Mangrove Pantai Mekar dan Tanam Mangrove di Pantai Beting

MANGROVEMAGZ. Delegasi Komunitas (Delkom) #3 adalah sebuah kegiatan bertema “Tanam, Tumbuh, Masa Depan,” berupa Camping, Sharing dan Mangroving yang dilaksanakan pada tanggal 14-15 April 2018. Berlokasi di Pantai Beting, Muara Gembong, Bekasi, kegiatan ini diinisiasi oleh Penggiat Alam Muara Gembong bernama Tapak Kaki Muara Gembong.

Senang sekali, pada kegiatan ini, KeMANGTEER Serang menjadi salah satu komunitas terpilih yang dapat berpartisipasi bersama dengan 58 komunitas lainnya.

Sebagai informasi, menurut panitia, kegiatan ini adalah sebuah pergerakan non profit yang bertujuan untuk merehabilitasi sabuk hijau di pantai pesisir Muara Gembong yang semakin terkikis abrasi karena kurangnya penahan arus air yang terus bergerak ke tepi daratan.

Menjaga sabuk hijau Muara Gembong dengan menanam mangrove.

Kegiatan ini juga ditujukan untuk aksi penyelamatan habitat Lutung Jawa, satwa endemik hutan mangrove di kawasan Muara Gembong.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum dan diikuti dari berbagai macam lapisan masyarakat, baik dari komunitas maupun individu/non komunitas,” terang Teer Novi yang mewakili KeMANGTEER Serang.

Masih menurut Teer Novi, kegiatan penanaman mangrove dilakukan di Pantai Beting, Muara Gembong. Selain penanaman, ada juga sesi sharing dan kunjungan ke Pantai Mekar, ke sebuah destinasi Ekowisata Mangrove baru yang ada di sana.

“Senang sekali dapat berkunjung ke sini, karena ekowisata ini adalah hasil dari program pendampingan Yayasan IKAMaT, sebagai induk dari KeMANGTEER. IKAMaT dan PT Pertamina serta warga di sini, berhasil mendirikan Ekowisata Mangrove yang rame terus apalagi di akhir pekan, seperti ini,” terangnya.

Keseluruhan acara berjalan dengan meriah, baik dan lancar yang diakhiri dengan foto bersama peserta dan panitia.

(Sumber foto: KeMANGTEER Serang).

Komunitas Relawan Mangrove Indonesia.