HOME > EVENT > Bright EO Tanam 1.300 Mangrove di Marunda

Bright EO Tanam 1.300 Mangrove di Marunda

MANGROVEMAGZ. Bright Event Organizer (Bright EO) merupakan sebuah EO yang beranggotakan 14 mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara (FIKom Untar). Adapula terbentuknya Bright EO ini bertujuan untuk pemenuhan ujian mata kuliah event organizer dengan pengajar Donny de Keizer di FIKom Untar.

Sebagai event ujian tengah semester, Bright EO mengadakan sebuah kegiatan peduli lingkungan dalam rangka memperingati Hari Bumi Internasional dengan tema SEMANGKA “Seribu Mangrove untuk Kota Jakarta”.

Bermitra dengan Yayasan Restorasi Mangrove Indonesia, acara dikemas dengan melakukan penanaman langsung 1.300 bibit mangrove di pesisir pantai Marunda, Cilincing, Jakarta Utara pada hari Sabtu (23/4).

Adapun lokasi penanaman di pesisir Marunda karena kondisi lokasi yang sangat kritis dengan tingkat abrasi yang tinggi dan jarak garis pantai dengan daratan yang tidak lebih dari 50 m.

Penanaman mangrove ini juga merupakan upaya menyelamatkan rumah nelayan yang sering hancur jika banjir rob datang dan destinasi wisata Rumah Si Pitung.

Bibit mangrove jenis Rhizophora sp.

“Memang, kegiatan ini adalah untuk ujian mata kuliah event organizer. Namun, kami tidak ingin mengadakan sebuah kegiatan yang tidak bermanfaat bagi orang banyak. Dibanding kegiatan hura-hura semata, kami ingin menyelenggarakan kegiatan yang berdampak positif untuk masyarakat luas. Oleh karena itu, kami mengadakan sebuah kegiatan peduli lingkungan dengan menanam mangrove. Jangan hanya bilang peduli lingkungan, tapi kita harus melakukan tindakan nyata,” ungkap Chicilia Wongsodiredjo, selaku ketua panitia Bright EO.

Sekitar 250 peserta hadir dalam kegiatan ini yang terdiri dari mahasiswa/i FIKom Untar, mahasiswa/i universitas se-Jabodetabek, berbagai komunitas, dan masyarakat umum.

Turut serta dalam acara, Miss Earth Indonesia Eco Tourism 2015, Grecia Hutapea, yang sekaligus merupakan salah satu mahasiswi FIKom Untar. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan Maha Dewi dan Primadona Anna dan Arum.

(Sumber foto: dokumentasi pribadi).

Bright EO