HOME > TIPS > Teknik Praktis Membibitkan Sonneratia

Teknik Praktis Membibitkan Sonneratia

MANGROVEMAGZ. Sonneratia merupakan salah satu jenis mangrove-mayor yang sangat penting bagi upaya pelestarian ekosistem mangrove di pesisir. Selain berfungsi sebagai suplai bibit bagi program-program penanaman mangrove di pesisir, Sonneratia caseolaris juga bermanfaat sebagai bahan baku olahan minuman sirup mangrove yang dijual untuk meningkatkan perekonomian warga pesisir.

Namun sayang, belum banyak yang mengetahui bagaimana cara membibitkan Sonneratia. Pun, apabila ada yang mencoba membibitkannya, banyak yang mengalami kegagalan karena salah dalam perlakuannya. Berikut ini adalah teknik praktis membibitkan Sonneratia berdasarkan pengalaman Suyadi, tokoh mangrove dari Rembang. Selamat mempraktikkan.

1. Ambil buah Sonneratia yang telah matang, yang dicirikan dengan telah pecahnya buah secara alami, atau yang telah jatuh ke tanah.

2. Satu buah Sonneratia, akan memiliki ratusan biji yang siap untuk dibibitkan.

3. Rendamlah biji buah Sonneratia dengan air tawar, selama dua hari, hingga kulit bijinya terkelupas dan berkecambah.

4. Ambillah biji buah Sonneratia yang telah terkelupas dan berkecambah tersebut, lalu bibitkan di tanah ber-polybag. Bila perlu, tanah bisa ditambahkan pupuk kandang, untuk membantu proses pertumbuhan biji Sonneratia.

5. Cara membibitkannya adalah dengan menancapkan bagian yang lebih panjang dari bijinya, ke dalam tanah.

6. Siramlah dengan air tawar minimal satu kali dalam sehari, bisa pagi atau sore hari.

7. Bibitkan selama tiga bulan hingga berdaun enam (3 pasang).

8. Apabila sudah berdaun enam, maka bibit Sonneratia telah siap untuk ditanam di lokasi penanaman (di tanah pasir-berlumpur).

9. Hama yang biasa menyerang biji Sonneratia selama pembibitan adalah tikus dan semut. Untuk itu, letakkanlah lokasi persemaian Anda di area yang aman dari tikus dan semut.

10. Lokasi persemaian bisa diadakan di pekarangan rumah dan atau tempat lain yang terlindung dari sinar matahari secara langsung.

11. Setelah ditanam, jangan lupa untuk memelihara bibit Sonneratia Anda, dengan cara melakukan program penyulaman, apabila ditengarai terdapat bibit-bibit mangrove yang mati, selama ditanam di lokasi penanaman.

Demikian, semoga bermanfaat. Bagi yang memiliki pengalaman lain seputar pembibitan Sonneratia, silakan berbagi di kolom komentar.

(Sumber foto: 1).

DISCUSSION
Ganis Riyan Efendi

Pemred di MANGROVEMAGZ. I am mangrovepreneur.