HOME > MAGZROVER > Satu Aksi, Satu Hati untuk Mangrovestasi di Tambakbulusan, Demak

Satu Aksi, Satu Hati untuk Mangrovestasi di Tambakbulusan, Demak

MANGROVEMAGZ. Sudah kita ketahui bersama bahwa hutan mangrove sangat berperan penting dalam melindungi garis pantai dari erosi, gelombang laut, dan angin topan serta dapat dijadikan sebagai buffer dan penyetabil tanah.

Sabtu, 30 September 2017, UPK Himpunan Mahasiswa Peduli Sosial (HIMPS) FISIP Undip mengadakan aksi tanam 1000 bibit mangrove di Desa Tambakbulusan, Karang Tengah, Demak.

Spanduk One Mangrove for Thousand Life.

Acara ini bertujuan agar para mahasiswa dan warga setempat semakin sadar betapa pentingnya hutan mangrove untuk ekosistem laut, sesuai dengan tema yang diusung, yaitu “One Mangrove for Thousand Life”. Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta yang meliputi mahasiswa berbagai jurusan di Undip.

“Mangrovestasi kali ini juga menggandeng PT. Purinusa Eka Persada sebagai pihak pendukung, koramil Demak, dan pastinya pihak Desa Tambakbulusan, Karangtengah, Demak sebagai tuan rumah yang sudah memberikan ijin dan menerima kami,” terang Khafid, selaku ketua pelaksana.

Selain tanam 1000 bibit mangrove, terdapat bentuk kegiatan lainnya, yaitu seperti reresik pantai dan kontes foto.

Pemberian kenang-kenangan dari panitia acara.

“Tujuan diadakannya rangkaian itu, ya yang pasti untuk semakin menambah kesadaran teman-teman peserta terhadap lingkungan sekitar, ya. Jadi, setelah aksi tanam selesai, peserta kembali ke tempat pembukaan dengan dibekali satu trash bag setiap kelompoknya dan mereka diminta untuk memungut sampah non organik. Dan selain itu, juga rangkaian ini diharapkan dapat menyadarkan pengunjung untuk mencintai alam dan menjaga kebersihan,” tambah Khafid.

Sementara itu, Supanto selaku perwakilan dari aparat desa juga sangat mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Sudah sangat bagus, antusias para calon pemimpin masa depan sudah mengadakan kegiatan serupa, dan sampai menjamah ke kota Demak,” ujarnya.

“Namun, harapan kami, kegiatan ini tidak berhenti sampai di penanaman saja, tapi adakan pula evaluasi beberapa waktu ke depan, untuk melihat perkembangan atas bibit-bibit yang teman-teman tanam. Dan, pihak desa juga menyampaikan banyak terima kasih atas kepedulian teman-teman mahasiswa semua,” pungkasnya.

(Sumber foto: dokumentasi pribadi).

Tri Suasti Astuningtyas
Wakil Ketua UPK Himpunan Mahasiswa Peduli Sosial (HIMPS) FISIP Undip, Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *