HOME > SAVE MANGROVE > Tiga Video Grafis Kampanye Mangrove

Tiga Video Grafis Kampanye Mangrove

MANGROVEMAGZ. Pernahkah kamu menyaksikan video grafis kampanye bertema lingkungan? Pastinya, ya. Bahkan, saya sendiri seringkali melihatnya wira-wiri di berbagai kesempatan, di banyak media. Namun, pernahkah kamu melihat video grafis kampanye yang lebih spesifik, yaitu mengenai mangrove? Video grafis mangrove juga bertebaran di banyak media.

Berikut ini, saya tampilkan tiga video grafis kampanye mangrove, menggunakan teknik stop motion dan animasi. Check it out!

1. Pijar Edi – Jogjakarta, berjudul “Mulai dari Sekarang.”
Sederhana, menyentuh, bermakna, dan membekas. Mungkin itu adalah kata yang tergambarkan di benak saya, setelah menyaksikan aksi stop motion yang dikemas apik oleh Pijar Edi asal Jogjakarta.

Dengan kreativitasnya, pemuda Jogja ini menghasilkan cerita yang memberikan pengetahuan tentang mangrove, bagi para penontonnya.

Dalam videonya, dia membandingkan kondisi pantai yang ada mangrove-nya dan tidak ada mangrove-nya, setelah diterjang gelombang pasang tinggi.

Melalui ilustrasi seperti itu, orang awam pun akan mengerti mengenai fungsi dan manfaat mangrove bagi manusia. Penasaran? Tonton videonya di bawah ini, ya.

2. M. Sulham – Watampone, berjudul “Save Mangrove to Make the Earth be Friendly.”
Konsep yang diusung M. Sulham, menjelaskan langkah-langkah yang harus ditempuh agar bisa menyelamatkan mangrove dari kerusakan, diantaranya dengan penanaman-kembali-mangrove yang melibatkan masyarakat.

Dalam video grafisnya, juga dijelaskan tentang pengaturan-kembali tata ruang pesisir, peningkatan dan pengetahuan mangrove kepada masyarakat, dan regulasi mangrove yang lebih ketat dari pemerintah. Simak langsung di bawah ini. Keren banget!

3. Aulia Hanifa – Madiun berjudul “Save Mangrove.”
Termasuk video grafis favorit saya. Aulia menggunakan teknik animasi dalam videonya yang menceritakan tentang hutan mangrove yang menjadi “rumah” bagi flora dan fauna.

Dalam ceritanya, telah terjadi penebangan mangrove, kemudian muncul beberapa orang dengan aksi penanaman mangrovenya. Berkat aksi menanamnya, maka seluruh Indonesia memiliki hutan mangrove yang lebat di pesisir pantainya. Simak videonya, yuk!

Salah satu media kampanye untuk menyebarkan “virus” cinta mangrove adalah dengan karya visual seperti ini. Tak banyak memang yang membuatnya, tapi manfaat yang dihasilkannya sangat banyak dan wajib kita apresiasi.

Jika kamu hobi membuat video grafis mangrove dengan beragam teknik, mari terus membuatnya untuk mendukung kampanye penyelamatan mangrove di Indonesia dan dunia.

(Sumber video: KeSEMaT).

Dadang Farista
Kudus - Semarang - Tembalang.