HOME > EVENT > Mapala UMN Gelar Action With Mangrove 3

Mapala UMN Gelar Action With Mangrove 3

MANGROVEMAGZ. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UMN hadir kembali dengan kepeduliannya terhadap kelestarian pesisir pantai di Indonesia. Action With Mangrove (AWM) adalah program rutinan yang sudah dilaksanakan sejak 2013 sebagai bukti pengabdian Mapala UMN kepada masyarakat. Pada tahun ketiga ini, AWM 3 akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Mei 2017 di Pulau Panggang yang terletak di Kepulauan Seribu.

Pulau Panggang merupakan salah satu pulau pemukiman terpadat di Kepulauan Seribu. Pulau yang masih menjadi bagian dari provinsi DKI Jakarta ini, memiliki jumlah penduduk yang sudah tidak sebanding dengan luas wilayahnya. Dampak yang timbul akibat kepadatan penduduk dan persebaran penduduk yang tidak merata adalah menurunnya kualitas lingkungan yang relatif besar.

Salah satu hal yang mengkhawatirkan di pulau Panggang adalah kurangnya mangrove sebagai penahan air laut agar tidak bercampur air bersih yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari warga pulau Panggang.

Suasana pembelian tiket di Gedung C, Kantin UMN.

Pada 2013 Mapala UMN telah mengadakan AWM 1 yang terlaksana di Pulau Rambut dan AWM 2 pada 2015 di Pulau Karya, Kepulauan Seribu. Masing-masing acara tersebut diikuti oleh sekitar 200 Aktivis Alam dari berbagai program studi di UMN.

Pada November 2016, Mapala UMN mengadakan kegiatan Green Lifestyle by Aktivis Alam bertujuan untuk memperkenalkan kembali Aktivis Alam kepada civitas akademika UMN.

Poster Action With Mangrove 3.

Selanjutnya pada 2017, Aktivis Alam kembali dibekali pengetahuan mengenai kepedulian terhadap lingkungan hidup melalui Forum Diskusi yang akan terselenggara pada Jumat, 5 Mei 2017 di Function Hall UMN.

Forum Diskusi bertujuan agar Aktivis Alam dapat memahami permasalahan dan tujuan dari kegiatan Action With Mangrove. Selain itu, Mapala UMN juga mengajak Aktivis Alam untuk turut aktif berkampanye kepada civitas akademika UMN dengan cara berkeliling kampus membawa dan menjelaskan foto-foto kegiatan AWM sebelumnya. Adapun, kampanye melalui sosial media juga turut dilakukan oleh Aktivias Alam terkait tentang isu lingkungan yang terjadi saat ini.

Bersama Mapala UMN, mari melestarikan mangrove Indonesia.

Pada 10 – 21 April 2017 kemarin, Mapala UMN mengajak citivas UMN untuk gabung bersama Aktivis Alam lainnya dengan membeli tiket Forum Diskusi di booth AWM yang berada di Gedung C, Kantin UMN.

Istilah Aktivis Alam sendiri pertama kali dicetuskan pada AWM 2 dan mengacu pada Keluarga Besar Universitas Multimedia Nusantara yang memiliki kepedulian tinggi dan kecintaannya terhadap alam.

Bagi yang berminat mengikuti kegiatan ini, dapat menghubungi IG @MapalaUMN atau LINE @yp04625l.

(Sumber foto/poster: Mapala UMN).

admin
Admin MANGROVEMAGZ | Majalah Mangrover Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *