HOME > MANGROVING > Penampakan Mangrove Berbentuk Hati di Kawasan Mangrove Semarang

Penampakan Mangrove Berbentuk Hati di Kawasan Mangrove Semarang

MANGROVEMAGZ. Apakah Anda tahu, bahwa di Semarang ditemukan kumpulan vegetasi mangrove berbentuk hati (?). Tepatnya di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, letaknya di area pertambakan salah satu warga. Vegetasi mangrove ini apabila dilihat dari atas dengan bantuan citra satelit, bentuknya menyerupai hati. Unik, ya.

Menurut informasi masyarakat setempat, kumpulan mangrove yang berjenis Rhizophora sp ini, sengaja ditanam untuk berkampanye sekaligus menarik minat masyarakat luas, khususnya masyarakat kota Semarang agar datang berkunjung.

Penasaran ingin melihatnya? Dari terminal Mangkang, Semarang silakan Anda menuju ke arah timur, yaitu ke pasar Mangkang. Tepat di depannya, terdapat pintu masuk bergapura. Disitulah pintu masuk menuju mangrove hati. Apabila Anda ragu, Anda bisa bertanya dengan kata kunci “mangrove cinta” kepada warga sekitar. Dengan senang hati, mereka pasti akan menunjukkannya.

Mangrove berbentuk hati dilihat dari dekat.

Tindakan masyarakat setempat mempublikasikan lokasi ini menjadi mangrove cinta untuk menarik wisatawan patut diacungi jempol. Saya teringat dengan kisah Loch Ness di Skotlandia yang “memunculkan” dinosaurus Nessi untuk menarik wistawan datang ke danau mereka.

Nah, apabila terdapat keunikan semacam ini, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Apalagi, kelurahan Mangunharjo memiliki potensi utama yaitu Sentra Jajanan Mangrove (dengan label Mas Jamang) dan Batik Mangrove (yang berlabel Batik Bakau) yang menjadi ikon desa tersebut. Anda berminat mengunjunginya?

(Sumber foto: Google Map/dokumentasi pribadi).

Dadang Farista
Kudus - Semarang - Tembalang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *