HOME > MANGROVING > Lima Destinasi Wisata Mangrove di Indonesia

Lima Destinasi Wisata Mangrove di Indonesia

MANGROVEMAGZ. Siapa sih, yang nggak mau liburan? Melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Melupakan sejenak rutinitas yang menguras pikiran dan tenaga. Nah, tentu ada banyak pilihan dalam merencanakan liburan. Walaupun masa liburan sudah berakhir, tidak ada salahnya jika Anda mengenal lima destinasi wisata mangrove di Indonesia rekomendasi saya. Dimana saja lima wisata mangrove tersebut? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

1. Surabaya

Nah, bagi Anda yang berdomisili di Surabaya, dan ingin mencoba liburan di wisata mangrove, Anda bisa berkunjung ke Wonorejo yang letaknya di kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya), tepatnya di Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Di Surabaya sendiri, terdapat dua tokoh mangrove nasional yang fokus dibidang pemanfaatan mangrove. Ada Ibu Lulut yang memanfaatkan mangrove menjadi batik dan berbagai macam olahan makanan mangrove. Ada juga Bapak Sony Mohson yang juga memanfaatkan buah mangrove Sonneratia caseolaris untuk dijadikan sirup mangrove.

2. Probolinggo

Jika merasa kurang puas dengan wisata mangrove di Wonorejo, sekitar 100 km sebelah Tenggara Kota Surabaya, Anda bisa menjumpai wisata mangrove lainnya di Kota Probolinggo. Berbatasan langsung dengan Selat Madura disebelah utara, disepanjang jalan Probolinggo, Anda bisa melihat vegetasi mangrove yang cukup lebat, diantaranya Rhizophora, Avicennia dan Sonneratia.

Saya pernah berkunjung ke salah satu kecamatan di sana, yaitu Paiton, yang terkenal dengan pembangkit listriknya produksi PT. Indonesia Power. CSR mereka juga memiliki program-program menarik sehubungan dengan rehabilitasi mangrove di sana.

Wisata mangrove di Probolinggo sedang dikembangkan oleh PT. Bee Jay untuk dibangun rekreasi pemancingan dan mendayung (berperahu). Bahkan perusahaan tersebut juga akan membangun boom-boom car, wisata outbond, jalan setapak, hingga restoran terapung.

3. Bali

Siapa yang tidak mengenal Bali? Pulau yang juga terkenal dengan nama Pulau Dewata ini merupakan destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Namun, siapa sangka jika kota yang sangat terkenal dengan pantai Kuta ini, juga memiliki wisata mangrove yang tidak kalah menarik. Wisata mangrove di Denpasar, Bali, ternyata sering digunakan oleh pasangan yang akan menikah untuk foto prewedding mereka.

4. Jakarta

Bagi masyarakat Jakarta, pergi ke Ancol atau bahkan pergi ke mall untuk mengisi waktu liburan sudah biasa dilakukan. Tapi tahukah Anda, jika Jakarta juga memiliki wisata mangrove yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Saya pernah berkunjung ke salah satu pulau di Pulau Seribu, yaitu Pulau Untung Jawa. Di lokasi tersebut juga terdapat wisata trekking mangrove yang didominasi oleh Rhizophora sp.

Sebenarnya, ada banyak lokasi wisata mangrove selain di Pulau Untung Jawa. Salah satunya adalah di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk. Di lokasi ini, fasilitas wisata mangrovenya lengkap. Ada penginapan, restoran, serta hunting spot flora dan fauna.

5. Balikpapan

Nah, dibagian terakhir ini, saya akan membahas destinasi wisata mangrove di pulau Kalimantan, tepatnya di Kota Balikpapan. Kota yang konon katanya memiliki biaya hidup termahal ini, merupakan salah satu kota yang berada di Kalimantan Timur. Berada di bagian paling timur Kalimantan, Balikpapan memiliki luas hutan mangrove hingga mencapai 3.000 ha. Tentu ini menjadi potensi yang sangat menarik dibidang wisata, khususnya wisata mangrove.

Sebagai informasi, Balikpapan juga terkenal dengan sekolah mangrovenya, yang berlokasi di SMA N 8 Balikpapan. Kurikulum sekolah tersebut mengajarkan pada anak didik untuk mengenal, menyayangi, dan mencintai mangrove yang tumbuh di sekeliling sekolah tersebut.

Luar biasa bukan? Jadi siapa bilang liburan itu harus mahal? Dengan budget yang minim, kita tetap bisa mengajak anggota keluarga menikmati liburan yang mengesankan. Selamat berlibur, semoga liburan Anda menyenangkan.  Apabila Anda mengetahui lokasi destinasi mangrove lainnya, silakan tulis di kolom komentar.

(Sumber foto: 1, 2, 3, 4, 5, 6).

admin
Admin MANGROVEMAGZ | Majalah Mangrover Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *