HOME > MAGZROVER > Memperingati Hari Pohon dengan Menanam Mangrove

Memperingati Hari Pohon dengan Menanam Mangrove

MANGROVEMAGZ. Dampak pemanasan global bagi bumi tidak dapat dibiarkan begitu saja, terlebih dengan semakin banyaknya hutan yang gundul akibat penebangan pohon secara liar. Padahal, fungsi pohon sangat penting untuk menyerap gas karbondioksida, maupun gas beracun lainnya di udara. Selain itu, keberadaan pohon mampu menghasilkan oksigen, yang merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk di bumi.

Untuk memperingati Hari Pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 November 2014, Mahasiswa Kehutanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan kegiatan penanaman pohon mangrove dengan tema “Satu Gerakan untuk Menghidupkan Kejayaan Ditangan Rimbawan, Tumbuhkan Semangat Bersama Alam”.

Acara yang dilaksanakan pada hari Minggu, 30 November 2014 ini bertempat di Dusun Bajul Mati, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terdapat 82 peserta yang mengikuti kegiatan penanaman mangrove ini, diantaranya adalah mahasiswa dan anak-anak Dusun Bajul Mati.

“Jika tanpa campur tangan manusia pohonpun masih bisa tetap bertahan hidup, namun sadarkah kita jika tanpa pohon kita masih bisa dapat hidup? Sadar dan tanggap terhadap alam serta lebih peduli terhadap lingkungan adalah kunci hidup sebenarnya,” ujar Hamam Asyrowi selaku Ketua Pelaksana kegiatan.

“Dengan adanya penanaman mangrove ini, masyarakat sekitar merasa senang dan memberikan respon positif. Diharapkan aksi ini tidak hanya berhenti sampai disini, dan kami sangat berharap ada aksi-aksi lingkungan selanjutnya. Apalagi dengan melihat kondisi iklim yang mulai tidak menentu, di Bajul Mati terkhususnya sangat rawan dengan banjir. Untuk itu kami berharap komunikasi jangan sampai berhenti sampai disini,” ungkap Izhar salah satu aktivis lingkungan Bajul Mati.

Falahi Mubarok
Photo journalist based in Malang, East Java.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *