HOME > MANGROVING > Ini Dia, Lima Perangko Mangrove di Dunia

Ini Dia, Lima Perangko Mangrove di Dunia

MANGROVEMAGZ. Apakah Anda pernah melihat perangko mangrove? Ya, perangko yang gambarnya hutan mangrove dengan segala isinya. Bila belum pernah, di bawah ini ada lima negara di dunia, yang ternyata sudah mengeluarkan perangko mangrove untuk surat menyurat.

Negara mana saja di dunia, yang sudah pernah mencetak perangko bertema mangrove? Asal tahu saja, ternyata negara kita Indonesia, termasuk salah satunya, lho. Penasaran dengan informasi dan mau tahu lebih banyak tentang hal ini? Cek informasi di bawah ini, ya.

1. Srilanka

Perangko mangrove dari Srilanka.

Srilanka, salah satu negara berkembang di Asia Selatan memiliki perangko bertema mangrove yang indah. Terlihat jenis mangrove Rhizophora yang terlihat di sepanjang muara sungai. Perangko yang didominasi warna hijau dan coklat ini, bertulis Mangrove Habitat seharga 50 Rupee dan dikeluarkan pada tahun 1986 silam. Bagus, ya.

2. Kaledonia Baru

Rhizophora di perangko negara Kaledonia Baru.

Pada tanggal 30 April 1928, Kaledonia Baru telah mengeluarkan perangko bertema mangrove berukuran 40 x 25 mm. Negara yang wilayahnya terletak di sub-benua Melanesia di Samudra Pasifik sebelah barat daya ini, mengeluarkan perangko mangrove bergambar Rhizophora, yang didominasi warna coklat dan biru.

Terlihat, pohon Rhizophora dengan akar tunjangnya yang besar, membentengi daratan yang disertai dengan pemandangan perahu dan laut di sekitarnya. Perangko seharga 5C ini, terlihat masih sangat sederhana, mengingat percetakan perangko pada masa itu.

3. Indonesia

RI juga punya perangko mangrove.

Jangan salah, negara kita Indonesia, juga pernah menerbitkan perangko mangrove, lho. Perangko seharga Rp. 1500,- ini, dikeluarkan pada tanggal 5 Juni 2005 yang lalu, untuk memperingati Hari Lingkungan Sedunia.

Gambar di atas memperlihatkan satu seri perangko mangrove, bertulis Save Mangrove Forests dengan desain pemandangan hutan mangrove jenis Rhizophora, burung Bangau dan salah satu jenis ikan yang hidup di mangrove.

Desain perangko mangrove Indonesia yang berukuran 41.06 mm x 25.31 mm ini sangat indah, yang didominasi dengan warna hijau dan coklat dengan teknik cetak yang baik. Keren, ya.

4. Fiji

Seri perangko mangrove di Fiji.

Perangko mangrove dari negara Fiji ini istimewa sekali, karena peluncurannya dilakukan oleh Presiden mereka, yaitu Ratu Epeli Nailatikau, pada tanggal Sabtu, 29 Maret 2014.

Peluncuran perangko seri mangrove ini, merupakan kerjasama pemerintah Fiji dengan WWF, untuk mengkampanyekan penyelamatan ekosistem mangrove di negara tersebut. Desain keempat perangko mangrove ber-tagline My Mangrove, My Livelihood ini sangat indah, dengan teknik cetak yang sangat baik.

Terlihat jenis mangrove Rhizophora dan binatang-binatang mangrove mendominasi gambar desain berlatar belakang laut dan langit biru, yang disertai dengan aktivitas manusia dalam menanam mangrove. Indah sekali.

5. Angola

Angola juga mengeluarkan perangko mangrovenya.

Pada tanggal 30 Agustus 2008, negara Angola yang merupakan salah satu negara di Afrika Selatan, mengeluarkan perangko mangrove bertema Mangroves at the banks of Rio Chiloango.

Perangko seharga 37 Kz – Angolan kwanza ini, memperlihatkan mangrove jenis Rhizophora dan terlihat mangrove asosiadi di sekitarnya, yang tumbuh di rawa-rawa hutan mangrove.

Yang menarik adalah, terdapat tulisan Os Mangais untuk menyebut kata Mangrove. Desainnya menarik, didominasi oleh warna hijau dan kuning. Kece, ya.

Masih ada beberapa negara yang mengeluarkan perangko mangrovenya, seperti Liberia, China, Madagaskar, Singapura dan Malaysia sebagai bukti bahwa ekosistem mangrove merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan di bumi.

(Sumber foto: 1, 2, 3, 4, 5, 6).

Siti Nurhidayati
Ordinary woman with extraordinary God.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *