HOME > MANGROVER > Mangrove Muncul di Lima Film Populer Ini

Mangrove Muncul di Lima Film Populer Ini

MANGROVEMAGZ. Tahukah Anda, bahwa mangrove muncul di lima film populer yang kami yakin, Anda pasti kenal. Sebut saja Life of Pi, Anaconda, Avatar, The Legend of Korra (seri televisi) dan Pirates of Caribbean. Tak percaya? Kami akan coba menunjukkan kepada Anda bahwa beberapa scene di film-film tersebut, menjadikan mangrove sebagai tokoh sentral. filosofi dan latar belakangnya.

1. Life of Pi
Ingatkah Anda saat Pi mendapati dirinya berada di sebuah pulau yang terapung? Nah, di pulau ini hidup tumbuhan mangrove dengan beragam corak yang buah-buahannya menghidupi Pi, selama terdampar di dalamnya. Pi juga melihat adanya air tawar di kolom airnya. Pada saatnya, Pi tersadar bahwa pulau ini “memakan” dirinya. Untuk itulah, dia segera mencari jalan keluar agar keluar dari pulau itu.

Pi terdampar di sebuah pulau mangrove terapung yang membahayakan dirinya.

2. Anaconda
Berlatar belakang hutan belantara Kalimantan, mulai dari hutan hujan tropis hingga belantara mangrovenya, salah satu adegan dalam Anaconda: The Hunt for the Blood Orchid menghadirkan scene rawa-rawa di hutan mangrove Borneo, yang terkenal masih perawan. Anaconda terlihat mengitari para pemburu spesies anggrek langka, yang letaknya berada di dekat sarang Anaconda.

Film Anaconda yang terkenal itu, berlatar belakang hutan mangrove Borneo yang masih perawan.

3. Avatar
Walaupun di filmnya tidak secara tersurat disebutkan pohon mangrove, namun berdasarkan filosofi, pohon besar ini fungsinya persis seperti pohon mangrove, dimana dimanfaatkan sebagai pohon kehidupan oleh warga Pandora. Pohon ini merupakan sumber kekuatan yang menghubungkan jiwa semua warganya, berdiameter sangat lebar, tinggi, bersulur dan akarnya menajam kokoh menembus bumi.

Pohon kehidupan di Pandora, menghubungkan semua jiwa warganya melalui akar, batang dan sulurnya yang merambat ke berbagai tempat di tanah Pandora.

4. The Legend of Korra (seri televisi)
Dalam salah satu seri di The Legend of Korra, diceritakan bahwa Avatar Korra mengalami depresi berat, setelah di seri sebelumnya, tubuhnya terkena racun yang disuntikkan Zaheer. Menurut petunjuk, dia harus menemui Toph Beifong untuk mengeluarkan racunnya. Toph, sang Master Pengendali Tanah yang di masa tuanya memilih menyepi di hutan mangrove (yang di serial ini disebut sebagai hutan Banyan Grove) dari hiruk pikuk dunia, setelah pensiun dari Kepala Polisi di Republic City, akhirnya berhasil mengeluarkan racun dari tubuh Korra.

Saat depresi, Korra menyepi ke hutan Banyan Grove, yang tak lain dan tak bukan adalah hutan mangrove, untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuhnya.

5. Pirates of Caribbean
Pada salah satu adegan, terlihat Kapten Jack Sparrow menaiki perahu, menelusuri rawa bersama dengan para pengawalnya. Terlihat jenis mangrove Rhizophora yang berakar tunjang, sebagai latar belakangnya. Keren, kan!

Di Pirates of Caribbean, Kapten Jack Sparrow terlihat menyusuri rawa-rawa mangrove menggunakan perahu. Jenis mangrove Rhizophora terlihat jelas di kanan kirinya.

Setelah melihat lima film populer di atas, bagaimana komentar Anda? Penasaran dan tertarik untuk melihatnya kembali? Bukankah hutan mangrove merupakan lokasi film yang menakjubkan? Disamping itu, tentu saja filosofi mangrove yang terdapat di masing-masing kisah film di atas, sangat mendalam hingga mampu menghidupkan cerita. Mari jaga hutan mangrove kita!

(Sumber foto: 1, 2, 3, 4, 5).

Admin MANGROVEMAGZ | Majalah Mangrover Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *