HOME > MANGROVE > Kisah Pilu Unta di Mangrove India dan Saudi Arabia

Kisah Pilu Unta di Mangrove India dan Saudi Arabia

MANGROVEMAGZ. Anda tahu Unta, binatang berpunuk yang hidup di padang pasir? Percayakah Anda, bila binatang ini juga mengkonsumsi daun mangrove sebagai makanannya? Mungkin Anda berpikir, bagaimana bisa Unta makan daun mangrove, orang ekosistem mangrove saja tidak hidup di sana.

Kalau Anda berpikir seperti itu, Anda salah. Tahukah Anda, bahwa hutan mangrove tak hanya hidup di Indonesia saja. Rawa-rawa mangrove juga bisa ditemukan di Thailand, Jepang, Brazil, India, Mesir bahkan Saudi Arabia!

Peta sebaran mangrove di dunia.

Banyak reportase di internet yang menulis mengenai hubungan antara ekosistem mangrove dengan faunanya, dalam hal ini Unta di India dan Saudi Arabia, seperti artikel berjudul ‘The sinking ship, Along the coast of the Red Sea, pockets of green, Camels ‘can help clean up unwanted mangroves‘, dan masih banyak lagi.

Di Gujarat, India, Unta mengkonsumsi daun mangrove sebagai makanannya. Rusaknya satu habitat mangrove yang biasa mereka pakai sebagai area mencari makan, telah menyebabkan mereka berjalan jauh menyusuri rawa untuk menemukan area hutan mangrove yang baru.

Populasi Unta juga menjadi turun drastis, di salah satu lokasi di India, populasi awalnya mencapai kurang lebih 10 ribu ekor, dan saat ini hanya tersisa seribu ekor saja, gara-gara ditebangnya pohon mangrove untuk keperluan hidup manusia.

Gerombolan Unta, terpaksa berenang jauh, mencari hutan mangrove-baru, karena hutan mangrove-lama mereka, banyak ditebang di Gujarat, India.

Lain di India, lain lagi di Saudi Arabia. Unta-unta di negara ini, memakan daun mangrove yang kerdil, karena terganggu pertumbuhannya, oleh bahan pencemar dari sebuah pabrik di sana.

Kasihan sekali, daun mangrove sebagai nutrisi pertumbuhan Unta, mengandung bahan pencemar, yang dikhawatirkan akan mengganggu populasinya di Negeri Padang Pasir, itu.

Populasi Unta terancam, karena hutan mangrove di Saudi Arabia banyak tercemar limbah.

India dan Saudi Arabia adalah dua contoh negara yang mengalami permasalahan, sehubungan dengan merosotnya populasi Unta, sebagai akibat dari rusaknya ekosistem hutan mangrove di sana.

Nah, bila sudah tahu fakta-fakta ini, masihkah Anda tak percaya kalau Unta telah memakan daun mangrove di India dan Saudi Arabia?. Sayangnya, yang mereka makan bukanlah daun yang sehat bernutrisi, melainkan penuh limbah beracun.

(Sumber foto: 1, 2, 3, 4).

Ganis Riyan Efendi
Pemred di MANGROVEMAGZ. I am mangrovepreneur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *