HOME > MANGROVE > Mengenal Sloth di Zootopia

Mengenal Sloth di Zootopia

MANGROVEMAGZ. Sudah lihat Zootopia? Film animasi Disney yang bercerita tentang si Kelinci polisi – Judy Hopps dan si Rubah penipu – Nick Wilde yang berpartner mengungkap kejahatan konspirasi? Bagi yang sudah nonton, pasti tahu ada karakter bernama Flash, seekor Sloth “tercepat” yang bekerja di Departemen Kendaraan Mamalia untuk Zootopia. Nah, tahukah kamu, apa hubungan antara Sloth dengan mangrove?

Sebelum membahas Sloth, karakter Flash divisualisasikan bekerja melayani penduduk Zootopia. Nah, pada saat membubuhkan stempel, karakternya muncul, yaitu terlihat lambat bergerak, meskipun dia adalah Sloth tercepat.

Di alam, hewan ini terkenal sangat lambat. Beberapa literatur mengatakan bahwa Sloth tidur 15-18 jam sehari. Untuk itulah dia dikatakan hewan pemalas. Kecepatan geraknya rata-rata hanya sekitar 0,24 km/jam.

Menurut Wikipedia, ada empat jenis Sloth yang ditemukan di dunia, yaitu the brown-throated sloth, the maned sloth, the pale-throated sloth dan the pygmy three-toed sloth. Nah, khusus yang terakhir, hidupnya di hutan mangrove.

The pygmy three-toed sloth
Bernama ilmiah Bradypus pygmaeus, mereka ditemukan endemik di salah satu pulau di Panama. IUCN, salah satu organisasi keanekaragaman hayati di dunia, menempatkan jenis ini tergolong critically endangered, yang berarti wajib dilindungi untuk mencegah kepunahannya di masa depan.

 The pygmy bergelantungan di mangrove.
The pygmy bergelantungan di mangrove. 

The pygmy bersifat arboreal yang menghabiskan hidupnya di atas pohon hingga 15 – 20 jam sehari. Apa makanannya? Dia memakan daun bakau merah atau Rhizophora apiculata.

Gerak lambatnya menjadi sasaran empuk pemangsanya, seperti jaguar dan elang. Namun, kelambatannya juga dijadikan senjatanya untuk berpura-pura mati, sehingga pemangsanya tak jadi memangsa.

Gerak Sloth yang lambat bahkan membuat Flash mencuri banyak perhatian di Zootopia. Ini terbukti dari banyaknya tulisan mengenainya di dunia maya.

Bagaimana dengan Anda, apakah The pygmy juga mencuri hati Anda? 

(Sumber foto: 1, 2).

Admin MANGROVEMAGZ | Majalah Mangrover Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *